Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

Riskipujangga.com - Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat, Penyakit tekanan darah tinggi atau dalam bahasa ilmiahnya hipertensi merupakan penyakit yang umumnya menyerang pada usia lanjut. Namun, dewasa ini penyakit tekanan darah tinggi bisa diderita oleh siapa saja, tak terkecuali anak muda. Penyakit darah tinggi muncul akibat pola hidup  yang tidak sehat serta asupan makanan yang tidak seimbang. Selain itu,  rutinitas yang terlalu banyak sehingga menguras banyak tenaga serta pikiran juga menjadi salah satu penyebab naiknya tekanan darah. Anda harus segera turunkan tekanan darah tinggi dengan cepat untuk menghindari berbagai kondisi yang tidak menguntungkan.


Seseorang yang menderita penyakit darah tinggi akan mengalami berbagai gangguan fungsi tubuh. Penyakit ini memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam rangka mendorong darah melalui arteri. Jika ini terjadi secara terus-menerus, maka otot jantung akan menebal. Penebalan otot jantung tidak baik untuk kesehatan, pasalnya ketika otot jantung menebal, maka jantung akan kesulitan memompa darah. Jika ini terjadi, akan terjadi kegagalan fungsi karena terlalu banyak menopang beban darah. Selain itu, arteri yang terus menerus mengelilingi jantung akan mengarah pada serangan jantung yang mematikan.

Cara turunkan darah tinggi dengan cepat - Naiknya tekanan darah tidak hanya mengganggu fungsi jantung saja, ginjal pun akan terganggu fungsinya dalam hal ini menyaring racun dalam tubuh. Akibatnya racun akan bercampur dengan darah dan menumpuk pada aliran darah. Kondisi ini perlu ditangani dengan melakukan transplantasi ginjal atau cuci darah (dialisis). Efek samping lainnya adalah bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah, stroke, merusak pembuluh di jaringan mata yang membuat penglihatan menjadi kabur bahkan kebutaan.

Gejala yang patut diwaspadai 

Penyakit darah tinggi sering kali dihiraukan, karena dianggap sepele, namun jika Anda mengalami hal-hal berikut ini, itu tandanya Anda perlu melakukan proses pemeriksaan kepada pihak medis.

1. Tekanan darah di atas 140/90 mmHG
Tekanan darah dikatakan normal jika menunjukkan angka 120/80 mmHG. Jika sudah mencapai ukuran 140/90 mmHG makan Anda sudah dikategorikan menderita hipertensi, untuk itu, segera periksakan ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan setempat.
2. Sakit pada bagian kepala
Sebagian besar penderita hipertensi mengalami rasa sakit pada bagian kepala dengan kategori ringan maupun kronis.
3. Penglihatan mulai buram
4. Sulit menjaga keseimbangan


Faktor Risiko Hipertensi yang tidak bisa di ubah untuk turunkan tekanan darah tinggi dengan cepat:
1. Usia
2. Riwayat hipertensi dari keluarga
3. Jenis kelamin

Faktor Hipertensi yang bisa di ubah:
1. Berat badan yang berlebih/obesitas
2. Kurangnya kegiatan aktivitas fisik
3. Konsumsi terhadap garam yang berlebih
4. Kecanduan alkohol
5. Kebiasaan merokok
6. Stres
7. Kehamilan

Cara turunkan tekanan darah tinggi dengan cepat
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit darah tinggi sangat berbahaya apabila tidak ditangani. Oleh sebab itu perlu dilakukan penanganan secara intens supaya cepat sembuh. Berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat:

1. Merubah pola/gaya hidup
Gaya hidup yang tidak sehat dapat mempertinggi risiko terkena penyakit hipertensi. Oleh sebab itu, mulailah melakukan aktivitas olahraga secara rutin untuk menggerakkan tubuh Anda.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayuran merupakan salah satu solusi bagi Anda yang terkena   penyakit hipertensi. Adapun buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi adalah buah mengkudu, alpukat, jeruk, semangka, blewah, pisang, melon, kiwi, tomat, mentimun, bayam, kedelai, dan seledri.
Demikian informasi mengenai cara turunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Jika merubah gaya hidup saja belum cukup, maka Anda harus mengimbanginya dengan terus melakukan konsultasi kepada dokter atau pusat pelayan kesehatan setempat.

Dapatkan Info Terbaru Dengan Mendaftarkan Email Anda Di Bawah

0 Response to "Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat"

Post a Comment