Inilah makanan sehat untuk penderita stroke

Riskipujangga.com - Makanan Sehat untuk Penderita Stroke, Penyakit stroke merupakan salah satu jenis penyakit dengan tingkat bahaya tinggi. Penyakit ini dapat menyerang siapa  saja, baik kaum remaja maupun yang sudah lanjut usia. Adapun penyebab terjadinya penyakit stroke adalah penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah seseorang yang kemudian menyebabkan terganggunya proses jaringan menuju otak. Hal inilah yang kemudian menjadikan beberapa fungsi dalam tubuh menjadi terganggu. Adapun jenis pembuluh darah yang sering terserang adalah pembuluh darah otak di bagian tengah yang fungsi utamanya sebagai pengatur aktivitas motorik atau gerak tubuh.


Penderita penyakit stroke perlu melakukan upaya lebih dalam menjaga kondisi tubuhnya,  yakni dengan memulai pola hidup sehat. Pola hidup sehat ini bisa Anda mulai dengan merubah kecenderungan dalam mengkonsumsi makanan. Asupan makanan yang masuk kedalam tubuh perlu diatur sehingga kondisi tubuh menjadi lebih baik. Berikut adalah daftar makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita stroke:

1. Brokoli
Kandungan nutrisi dan vitamin dalam sayuran brokoli ini mampu melindungi kesehatan jantung Anda. Kandungan antioksidan didalamnya juga dapat membantu Anda agar bagian jantung tetap terjaga.

2. Ikan Salmon
Makanan sehat untuk penderita stroke selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah dalam pemulihan penyakit stroke. Kandungan nutrisi dan vitamin didalamnya membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh.

3. Beras Merah
Sebagai pengganti asupan karbo dalam tubuh, maka Anda bisa menggantikan nasi biasa dengan beras merah. Dalam beras merah sendiri terdapat kandungan selenium yang memiliki fungsi pencegahan stroke agar tidak datang kembali. Selain itu kandungan antioksidan didalamnya mampu mengendalikan tingkat lemak dalam tubuh serta berperan dalam  mengaktifkan sistem saraf.

4. Oatmeal
Makanan ini berbahan dasar biji gandum. Kandungan didalamnya terdiri atas kalori, lemak dan protein. Oatmeal sendiri biasanya dikonsumsi sama halnya seperti beras merah, yakni sebagai pengganti nasi biasa. Selain itu, oatmeal memiliki kandungan serat yang seimbang untuk membantu proses  penyerapan kolesterol dalam darah dan mengatur kadar gula dalam darah.

5. Roti Gandum
Kebutuhan nutrisi penderita stroke juga dapat terpenuhi oleh roti gandum ini. roti gandum berperan aktif sebagai makanan pokok penderita stroke.  Dalam roti gandum sendiri terdapat kandungan karbohidrat, omega 3, serat, protein, vitamin E dan asam folat.


Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita Stroke
Makanan-makanan diatas adalah salah satu diantara banyaknya makanan sehat yang patut untuk dikonsumsi. Selain dapat membantu proses pemulihan tubuh dari penyakit stroke, makanan tersebut juga dapat memperbaiki permasalahan kesehatan lainnya dalam tubuh. Namun, ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita stroke, diantaranya:
1. Alkohol
2. Rokok
3. Makanan dengan kadar lemak tinggi
4. Makanan cepat saji
5. Makanan dengan kadar kolesterol tinggi

Daftar makanan tersebut sebaiknya Anda hindari agar tidak menyebabkan efek yang lebih parah. Meski sangat sulit, Anda harus berusaha melakukannya. Hal ini demi kesehatan Anda yang lebih baik. Proses utama dalam penyembuhan ini adalah upaya dalam merubah kebiasaan dari kebiasaan yang buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik. Perhatikan bagaimana efek yang timbul jika Anda tidak menghiraukan hal ini agar Anda mengetahui dampak berbahaya bagi tubuh. Selanjutnya lakukan olahraga secara teratur setiap hari secara berkesinambungan untuk menjaga berat badan dan upaya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Demikian informasi makanan sehat untuk penderita stroke, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Inilah makanan sehat untuk penderita stroke"