7 Menu Buka Puasa Dari Seluruh Dunia! Biar Buka Puasa kamu Beda Dari Pada Yang Lainnya


Menu Buka Puasa - Bulan suci ramadhan menjadi bulan yang selalu ditunggu – tunggu. Bukan hanya karena menjadi bulan yang penuh berkah, tetapi juga menu buka puasanya yang beragam. Setiap daerah, bahkan negara selalu memiliki menu buka puasa yang khas. Nah, buat buka puasa kamu semakin lebih menarik dengan beberapa pilihan menu buka puasa dari berbagai negara berikut ini. 

Roti Pide

Roti Pide dari Turki
Antusias masyarakat Turki untuk berbuka puasa hampir sama dengan orang Indonesia. Satu hal yang pasti kamu temui dalam menu buka puasa Turki adalah Roti Pide. Roti Pide adalah roti panggang yang dijajakan selama bulan Ramadhan. 

Roti ini merupakan makanan tradisional khas Turki. Bentuknya yang mirip dengan pizza membuatnya dijuluki sebagai pizza Turki. Topping roti pide bisa disesuaikan dengan selera kamu. Kamu bisa memilih keju, pepperoni, daging, shaksuka atau telur orek dan lain sebagainya sebagai topping. 

Dengan menu khas Turki yang cukup simple nan lezat ini akan membuat buka puasa kamu semakin nikmat dan berbeda. 

nasi malaysia

Nasi Lemak dari Malaysia
Negara yang masih satu rumpun dengan Indonesia juga mayoritas muslim penduduknya. Di Malaysia sendiri, menu wajib buka puasa mereka adalah nasi lemak. Bahkan, nasi lemak sudah menjadi trademark sendiri di Malaysia. Maka dari itu, bukan bulan Ramadhan sekalipun, kamu akan mudah menjumpai nasi lemak dalam menu keseharian orang Malaysia. 

Nasi lemak sendiri dibuat dari beras yang dimasak dengan santan kelapa. Santan kelapa itulah yang memberikan rasa gurih pada nasi lemak. Kemudian untuk membuat aroma nasi lemak semakin menggoda akan ditambahkan daun pandan. 

Penyajian nasi lemak biasanya bersamaan dengan telur, baik direbus atau digoreng dadar atau mata sapi, irisan mentimun, teri goreng atau ikan bilis dan sambal serta cabai. Namun saat ini nasi lemak disajikan dengan berbagai pilihan lauk pauk, mulai dari tahu, tempe, ayam goreng, cumi – cumi, sotong, udang, kerang, kacang panjang, ikan, limpa hingga hati sapi. 

Bagi orang Malaysia sendiri, buka puasa tidak akan lengkap kalau belum menyantap nasi lemak. 

Harira enak dan lezat

Harira dari Maroko
Menu buka puasa yang selanjutnya berasal dari Maroko, yakni Harira. Harira sendiri merupakan sup tradisional yang memang disediakan sebagai menu buka puasa di bulan Ramadhan. Makanan yang satu ini terdiri akan tomat, rempah – rempah yang kemudian dimasak menjadi sup kental atau bubur. 

Harira sendiri biasanya ditambahkan dengan potongan daging kambing. Selain itu, penyajiannya kebanyakan bersama telur rebus dan sedikit jintan. Soal citarasa, pastinya rasa khas tomat yang segar.

Sup ringan dan menyehatkan ini memang menjadi makanan pokok selama buka puasa di bulan Ramadhan. Lagipula, Harira menjadi makanan yang memang enak serta cukup sehingga tidak kekenyangan. Dengan begitu, tidak akan mengganggu ibadah.

Fesenjan

Fesenjan dari Irak
Fasenjan menjadi menu buka puasa terfavorit di Irak, Iran dan Persia. Hidangan yang satu ini terbuat dari kaldu unggas, seperti ayam atau bebek. Kebanyakan ayam yang digunakan adalah ayam persia. Bukan hanya ayam saja yang digunakan melainkan juga entok atau bebek. Fesenjan dimasak dengan campuran saus delima merah dan kacang walnut. Rasanya cenderung asam manis dan kaya akan rasa. 

Fesenjan biasanya dihidangkan dengan polo atau dikenal dengan chelo, yakni nasi putih khas dari Persia. Fasenjan kebanyakan memiliki tekstur dan rasa yang tajam sehingga memang menjadi menu andalan berbuka puasa. Lagipula, Fesenjan juga makanan yang tahan lama. 

Uniknya, lagi cita rasa dari Fesenjan akan sangat meningkat saat dihidangkan sehari setelah proses dimasak dilakukan.

medames

Medames dari Mesir 
Masih di daerah Afrika Utara, beralih ke Mesir. Menu wajib untuk buka puasa di Mesir adalah Medames. Makanan tradisional mesir yang satu ini berbahan utama kacang lava yang disajikan dengan minyak sayur, air lemon, bawang merah dan bawang putih. 

Hidangan yang satu ini sudah ada sejak jaman Firaun. Pada mulanya cara memasaknya di dalam panci yang ditimbun dengan pasir panas atau batubara yang membawa. Namun seiring dengan perkembangan jaman, Medames memiliki berbagai varian dengan resep yang berbeda – beda. 

Dulunya, Medames sering dihidangkan bersamaan dengan roti bun khas Mesir. Sedangkan, sekarang hidangan ini bisa dinikmati dengan tambahan telur, mentega, saus tomat dan pastrami. 

samosa

Samosa dari Pakistan 
Bagi masyarakat Pakistan dan Asia Selatan lainnya, Samosa menjadi menu wajib berbuka puasa. Dengan bentuknya yang segitiga, Samosa menjadi makanan yang sangat terkenal. Kebanyakan Samosa berisi kenyang, lentils, bawang dan tambahan beberapa jenis daging, seperti daging sapi, domba atau ayam. 

Tidak jarang, Samosa berisi berbagai jenis sayuran. Salah satu ciri khas dari Samosa adalah isiannya yang biasanya sudah dibumbui dengan bumbu kari. Isian tersebut ditaruh ke dalam adonan tepung terigu, air dan mentega atau ghee. Soal rasa, Samosa sangat renyah di luar dan lembut di dalam. 

Hyderabadi Haleem

Hyderabadi Haleem dari India
Hyderabadi Haleem menjadi salah satu menu berbuka puasa dari India. Makanan yang satu ini mirip dengan bubur gandum. Hanya saja tambahan potongan daging kambing di atasnya. Tentunya menu yang gurih ini cukup mengenyangkan, walaupun tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. 

Pasalnya, makanan yang satu ini mengandung energi dan kalori yang cukup. Selain itu, Hyderabadi Haleem juga dikatakan sebagai makanan yang bergizi karena bisa mempercepat proses pembakaran di dalam tubuh. Belum lagi, kandungan proteinnya yang menambah asupan nutrisi. 

Rasa dari hidangan ini sangat gurih dan lezat. Hal ini dikarenakan berbagai bumbu di dalamnya, yakni kunyit, jahe, bawang putih, kayu manis, jinten, kapulaga, cengkeh, lada hitam dan lain sebagainya.

Tradisionalnya, hidangan ini dimasak pada api kecil menggunakan kayu bakar selama 12 jam di dalam kuali. Susahnya memasak Haleem harus diaduk secara terus menerus hingga teksturnya menjadi halus dan lengket. Hyderabadi Haleem dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan air lemon. Tidak jarang, diberikan irisan telur rebus dan ketumbar. 

nasi jollof

Nasi Jollof dari Nigeria
Tua rumah komunitas muslim di Afrika Barat adalah Nigeria. Bahkan, tradisi saat berbuka puasa di Nigeria juga cukup kental. Dengan adanya kudapan khas negara Afrika yang dipadukan dengan makanan Timur Tengah menjadi kudapan wajib saat bulan Ramadhan tiba. 

Salah satu menu khas buka puasa dari Nigeria adalah nasi jollof. Nasi jollof hampir mirip dengan paella dari Spanyol. Maka tidak heran, makanan ini juga dikenal dengan paella nya Afrika Barat. Hanya saja, nasi jollof di Nigeria memiliki rasa yang lebih tajam. 

Nasi Jollof dari Nigeria juga dikenal dengan nama benachin. Makanan yang satu ini dimasak menggunakan kuali besar yang dicampurkan dengan cabai, tomat dan berbagai bumbu. Penyajiannya biasanya menggunakan berbagai jenis lauk pauk sesuai selera. 

Itu dia berbagai menu buka puasa dari berbagai dunia yang mungkin menjadi salah satu daftar menu buka puasa kamu nantinya di bulan Ramadhan.

Dapatkan Info Terbaru Dengan Mendaftarkan Email Anda Di Bawah

0 Response to "7 Menu Buka Puasa Dari Seluruh Dunia! Biar Buka Puasa kamu Beda Dari Pada Yang Lainnya"

Post a Comment